Berlombah –Lombah Mahasiswa UNIMA Berjalan PPL 2 Selama 3 Bulan


Info Penting Bagi Bagi Teman –Teman Yang PPL 2 Tahun 2014 turun kesekolah Pada tgl 03 Maret 2014- Juni  mari torang bersatu untuk menjani dengan baik dalam PPL 2 ini saya atas Nama Nataniel Uti bersama teman-teman saya mengucapkan selamat berjung kita semua basodarah   Naut punya kelompok berjumlah 13 orang bersama saya 10 orang perempuan  dan 3 orang laki-laki kami berjumlah 13 orang ini dapat di salah satu sd GMIM VI TOMOHON KAMASI mari torang berjuang untuk masa depan kami dalam  Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan media bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan dasar profesi di Fakultas Ilmu Pendidikan. Program Pengalaman Lapangan diaplikasikan dalam bentuk praktik mengajar dan kegiatan educational lainya di lembaga sekolah.Bertolak dari asumsi bahwa Program Pengalaman Lapangan (PPL) adalah titik kulminasi (puncak) dari seluruh program pendidikan yang telah dihayati dan dialami oleh mahasiswa dalam bangku kuliah, oleh karena itu PPL dapat diartikan sebagai suatu program yang merupakan ajang pelatihan yang bertujuan untuk menerapkan dan menanamkan berbagai pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam rangka pembentukan guru yang profesional. Dengan demikian PPL adalah program pendidikan yang memprasyaratkan kemampuan aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke dalam program pelatihan berupa kinerja dari semua hal yang berkaitan dengan jabatan keguruan, baik kegiatan belajar mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut diselenggarakan dalam bentuk pembelajaran terbatas (Micro Teaching), pelatihan terbimbing, dan pelatihan mandiri yang diarahkan pada terbentuknya kemampuan keguruan, yang terjadwal secara sistematis di bawah bimbingan dosen pembimbing dan guru pamong. Apabila dipandang dari sudut kurikulum, PPL adalah suatu program mata kuliah proses belajar-mengajar yang dipersyaratkan dalam pendidikan prajabatan guru. PPL dirancang untuk menyiapkan mahasiswa calon guru untuk memiliki atau menguasai kemampuan keguruan yang menyeluruh dan terpadu, sehingga setelah mahasiswa tersebut menjadi guru, mereka dapat mengemban tugas dan tanggungjawabnya secara profesional.Apabila dipandang dari sudut isi, PPL adalah seperangkat komponen pelatihan prajabatan guru yang berlangsung dalam siklus teori dan praktek secara berlapis dan berulang pada setiap langkah yang dipersyaratkan dalam program pelatihan tersebut.
A.   TUJUAN PELAKSANAAN PPL
1.  Tujuan Umum
Tujuan umum PPL adalah untuk melatih mahasiswa calon guru agar memiliki pengalaman kegiatan kependidikan secara faktual sehingga akan terbentuk tenaga kependidikan yang profesional, yaitu tenaga kependidikan yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang diperlukan bagi profesinya sebagai guru, serta mampu menerapkan/memperagakan kinerja dalam situasi nyata, baik dalam kegiatan pembelajaran maupun tugas-tugas keguruan lainnya.
2.  Tujuan Khusus:
1)    Mahasiswa mengenal secara cermat lingkungan fisik, administrasi, akademik dan sosial psikologis di lingkungan sekolah sebagai tempat pelatihan berlangsung.
2)   Mahasiswa menguasai berbagai keterampilan dasar mengajar.
3)   Mahasiswa mampu menerapkan berbagai kemampuan professional keguruan secara utuh dan terpadu dalam situasi nyata.
4)   Mahasiswa mampu mengembangkan aspek pribadi dan sosial di lingkungan sekolah.
5)   Mahasiswa mampu menarik kesimpulan edukatif dari penghayatan dan pengalaman selama pelatihan melalui refleksi dan menuangkan hasil refleksi ke dalam laporan.
Sasaran dari PPL ini adalah membentuk kepribadian calon pendidik yang :

1)    Memiliki kepribadian yang baik.
2)   Mampu menerapkan teknik-teknik pembelajaran kepada peserta didik.
3)   Memiliki sikap Tut Wuri Handayani, serta
4)   Tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Tujuan pelaksanaanpraktik Program Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Manado adalah sebagai berikut :
1)    Memberikan wahana aplikasi keilmuan bagi mahasiswa.
2)   Memberikan pengalaman profesional bagi mahasiswa sebagai calon guru, sehingga benar-benar bisa menjadi lulusan kependidikan yang siap terjun di masyarakat khususnya dunia kependidikan.
3)   Menjalin kerjasama educational dengan lembaga sekolah sebagi mitra dalam penyelenggaraan Catur Dharma Perguruan Tinggi.
B.  MANFAAT PELAKSANAAN PPL
Adapun manfaat dari pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) adalah sebagai berilkut :
1.     Manfaat bagi mahasiswa.
Dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dari perguruan tinggi dengan keadaan yang sesungguhnya dan dapat menerapkan pengalaman di masa yang akan datang. Pengalaman yang kami peroleh diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guu profesional serta dapat digunakan sebagai motivasi kami untuk dapat lebih maju dan profesional.
2.    Manfaat bagi sekolah
Dapat menerapkan metode pengajaran yang telah diterapkan oleh mahasiswa dan dapat mengembangkannya menjadi lebih baik.
3.    Manfaat bagi universitas
Dapat digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan mahasiswa dalam pengalamannya selama mengajar.
Editor ..Naut Ebakaibi

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Free Templates | Mas Template
Copyright © 2012. Solidaritas Anak Bangsa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger