• Latest News

    Kamis, 26 Juni 2014

    Ingat dan Kuduskanlah Hari Sabat


    Kotbah oleh Nataniel Uti  

    kamis  26 juni 2014

    Renungan 

    IBADAH PEMUDA DAN PEMUDI GKII JEMAAT EUREKA TOMOHON 

    Tempat : Kaamasi Lewet ASRAMA FAK-FAK 

    Bacaan Kitab Suci : Keluaran 20:8-11,31:12-17,YEREMIA 3 : 5
    Bekerja dan berdoa itu merupakan semboyan hidup kebanyakan orang, juga kita sebagai orang percaya setiap saat senantiasa berdoa dan bekerja supaya apa yang kita kerjakan selalu diberkati oleh Tuhan.
    Tetapi dijaman yang semakin maju dengan teknologi yang semakin berkembang cepat dan canggih membuat kita dituntut oleh perusahaan/instansi dimana kita bekerja untuk senantiasa bekerja semaksimal mungkin untuk memenuhi target sesuai dengan program yang sudah ditentukan, sehingga kita sering lupa waktu untuk berdoa dan bersekutu memuliakan Tuhan. Bahkan untuk berkumpul dengan keluargapun tidak ada waktu, karena berangkat kerja pada pagi hari sebelum anak-anak bangun dan pulang malam hari pada saat anak-anak sudah tertidur lelap sehingga kita jadi lupa bahwa waktu kita hanya untuk bekerja dan bekerja, bahkan pada hari Minggu dan hari libur nasionalpun kita manfaatkan untuk lembur dan bekerja.
    Firman Tuhan dalam kitab Keluaran 20:8 mengatakan : “Ingatlah dan Kuduskanlah Hari Sabat” itu berarti bahwa Tuhan telah menyediakan waktu selama enam hari kepada kita untuk bekerja dan pada hari yang ketujuh adalah Sabat, hari perhentian penuh, hari Kudus bagi Tuhan.  Juga sebagai peringatan bahwa Tuhan menjadikan langit, bumi  dan segala isinya selama enam hari lamanya dan pada hari yang ketujuh Ia berhenti untuk beristirahat..
    Pertanyaannya sekarang adalah : apa yang akan kita lakukan pada hari Sabat tersebut? Tentunya kita bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga merayakan hari sabat tersebut dengan datang kerumah Tuhan (Gereja) kita bersama-sama berkumpul, bersekutu dengan saudara seiman untuk memuliakan dan memuji Tuhan, kita persembahkan berkat yang telah kita terima untuk keluliaan Tuhan, sehingga setelah pulang dari ibadah kita benar-benar mendapatkan damai sejahtera, sehingga hidup kita senantiasa penuh berkat, baik itu berkat jasmani maupun rohani.
    Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat merupakan hari yang disediakan Tuhan untuk kita sehingga hari Sabat benar-benar kita pelihara dan kita manfaatkan hanya untuk menyembah dan memuliakan Tuhan, karena Tuhan memberkati hari Sabat dan menguduskannya sehingga kita yang memelihara dan menguduskannya tidak akan dilenyapkan melainkan memperoleh damai sehatera didalam Tuhan.

    Keluaran 20:8-11

    20:8 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat: 20:9 enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, 20:10 tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu. 20:11 Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.

    Keluaran 31:12-17

    Peringatan untuk menguduskan hari Sabat
    31:12 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: 31:13 “Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan kamu. 31:14 Haruslah kamu pelihara hari Sabat, sebab itulah hari kudus bagimu; siapa yang melanggar kekudusan hari Sabat itu, pastilah ia dihukum mati, sebab setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari itu, orang itu harus dilenyapkan dari antara bangsanya. 31:15 Enam hari lamanya boleh dilakukan pekerjaan, tetapi pada hari yang ketujuh haruslah ada sabat, hari perhentian penuh, hari kudus bagi TUHAN: setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari Sabat, pastilah ia dihukum mati. 31:16 Maka haruslah orang Israel memelihara hari Sabat, dengan merayakan sabat, turun-temurun, menjadi perjanjian kekal. 31:17 Antara Aku dan orang Israel maka inilah suatu peringatan untuk selama-lamanya, sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, dan pada hari yang ketujuh Ia berhenti bekerja untuk beristirahat.”

    SUMBER :
     http://gkjwkm.org/2011/07/ingat-dan-kuduskanlah-hari-sabat/
    http://www.waters-of-life.net/index.php?n=Indonesian.DtBk0006Ch06
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Ingat dan Kuduskanlah Hari Sabat Rating: 5 Reviewed By: Awi_ PAPUA
    Scroll to Top