• Latest News

    Kamis, 12 Juni 2014

    WUJUDKAN INTEGRITAS BANGSA PANIAI BARAT

    BANGSA PANIAI BARAT adalah bangsa yang majemuk, bangsa yang kaya raya yang memliki konpotensi dasar dari berbagai aspek sepertinya mata kandunggan emas, sangat kualitas/berguna dari berbagai jenis batu sendimen, tenaga profesonal “Kuat” memiliki bakat daya cipta kreasi yang kelas tinggi, persaingan pendidikan yang sangat siknifikan, nilai ekonomi alami yang sangat tinggi, sagat strategis membuka obyek wisata dan ada banyak potensi dasar alami yang ada di Distrik Paniai Barat yang belum ketahui bakanpun kami tidak bisa ucapkan dari akar-ke akar dan daun ke daun cukup kita tau secara garis besar.
    Paniai Barat adalah daerah penyimpangan sejarah berharga yang dapat sembunyikan oleh generasi-ke generasi sampai generasi sekarang ini, sejarah tersebut bukan lahir dan karya cipta dari akal manusia itu sendiri bakan dari siapa-siapa namun hanya anugra Tuhan yang dapat melimpahkan atau menempatkan di Paniai Barat, maka haroman wajah geografis Paniai Barat meman sudah terukhir dengan beserta alam hindahnya sangat pujian dan sangat eboo di seluruh dunia.
    Nama Paniai Barat bisa disebut obano, duluh sebutan daerah “Auyetadi. dari pemerintah hadir di auyetadi sekitar tahun 1972-1973 barulah telah disebut obano atau Paniai Barat, namun sampai generasi saat ini sebutan nama Auyetadi adalah konteks yang sebuah berharga karena nama Auyetadi ini sebuah makna penyimpanan berbagai sejarah hidup, hal ini meman generasi ke generasi memotret sejarah perkembangan dari zaman ke zaman. AUYETADI bukanlah sebuatan suatu kata-kata yang tidak bermanfaat, tidak berguna maka saya garis bawahi adalah bicara auyetadi adalah bicara sejarah perkembangan hidup regenrasi zaman.
    Saya Demi Pigai menyimbulkan sebuah pertanyaan kepada saudara/I asal paniai barat bahwa ketika orang lain cerita berkaitan dengan paniai barat secara batinia kita sudah merasa dalam hati sanubari atau tidak?................ Kalau saya mereka bicara paniai barat secara batinia merasa bicara saya, belarti alam dan manusia tidak bisa dipisahkan oleh siapapun dia karena menyatakan benda dan orang adalah dua makluk berbedah namun menjadi satu komunitas sejarah hidup dari waktu ke waktu dan zaman-kezaman sampai saat ini.

    Menurut Frans Finanlabil, SH. M.Hum Dosen Hukum Tanah di Manokwari dalam ulasan penjelasan bahwa tanah adalah mama kita alam, dan mama kita penting perlindungan dan kekuatan kita manusia tampa kecuali. Belarti demi juga menyampaiakan tanah dan alam juga sangat penting dilindungi dan diolehpun dari akal manusia, tanah hanya menerima plus memenuhikan kebutuhan primer maupun sekunder bagi kebutuhan manusia yang berbisik baik terhadap alam.
    Saya sampaikan sekalipun dalam undang-undang No. 5 tahun 1960 tentang hakraria dalam pasalnya tanah dan alam sekitarnya yang ada di seluruh Indonesia dikuasai dan dilindungi oleh Negara, hal ini tidak benar justru undang-undang itu lebih berdominasi penegasan kepada orang luar dari hak ulayat barulah wajar sebab pada umumnya Papua dan lebih khususnya wilayah Auyetadi tanah dan alam dikuasai oleh hukum adat “Hak Privat Tanah Adat”, Penguasaan Tanah Adat di ayuetadi sudah ada pengakuan dari hukum adat sendiri juga sebelum pemerintah Indonesia dan klonial Belanda merajalelah di wilayah Auyetadipun sampai saatpun masih berlaku karena Ayah meninggalpun Tanah berhak meneruskan oleh anak darah itu sendiri. Maka saya menhimbau kepada pemerintah Indonesia tanah paniai harus kembalikan kepada perlindungan hak tanah adat. Tanah Auyetadi adalah milik orang auyetadi milik oleh sebab itu tanah adat pelukan tanah alam dengan sebaik mungkin, cintailah tanah dengan hati nurani adalah kunci kehidupan dan keberhasilan dalam kehidupan kita siapa saja, tanggung jawab tanah sebagi hak milik tanah untuk lindungi alam tanah baik karena tanah ini merupakan mama pertama kita.
    Geografis Auyetadi adalah dari dusun Tinou Kampung Epabutu sampai dengan Dusung Pekege Kampung Waipa adalah sebuah wilayah paniai barat, dalamnya berbagai dataran tinggi, lembah menyedikan senyuman bagi pengunjung diauyetadi dan memotret cerita bagi mereka. Masyarakat auyetadi selalu mempertahankan persatuan dan kersatuan, kadakter hidupnya tidak membedakah diskriminasi agama budaya dan jiwa mudah menadaptasi dengan lingkungan yang mereka berada saat itu. meman kadakter hidup mereka sudah berbudaya dari dulu sampai saat ini dan nanti juga muda-mudaan tidak mudah meneropon dengan dinamika moderenisasi.
    DEMI menyampaikan dengan hati yang dingin kepada semua komponen paniai barat dari tinou smpai pekege-yainoudimi sekalipun organisai adik-adik mahasiswa pecah, pemerintah pecah dan agama pecah persatuan dan kesatuan tekad kita tetap jadi satu, ingat integritas anak bagsa paniai barat jangan pugkiri jangan pundar oleh berbagai ancaman dinamika moderenisasi adalah bukan tolak ukur berpisah, artinya bisa kita berpisah untuk membangun negeri kita untuk mensejahtrakan tapi hati kita tetap tekad jadi satu.
    Kita adalah memegan tongkat stavet bagi menivovasi pembangunan bangsa dan Negara kita AUYETADI maka memberikan ruang kritik untuk menuju solusi adalah sangat penting maka saya ajak supaya kegiatan Ibadah AUKUMENE dan HUT Wadah Peduli Alam Paniai Barat (WPA EPB) harus meningkatkan pelaksanakan kegiatan ibadah di ibukota Auyetadi merupakan Ibadah Ruhuni Bersama Anak Negeri Bangsa Paniai barat tujuanya mempertahangkan integritas kesatuan dan persatuan jati diri paniai barat.

    “ Bukan sekarang kapan lagi, bukan saya siapa lagi”
    Ingat fikir baik dan bijaksana di Negeri Paniai barat
    ''''''''''''''''''''''''''''''''''''Penulis DEMI PIGAI'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''Editor Nataniel uti 

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: WUJUDKAN INTEGRITAS BANGSA PANIAI BARAT Rating: 5 Reviewed By: Awi_ PAPUA
    Scroll to Top