• Latest News

    Senin, 22 September 2014

    Akibat ada 10 Universitas Belum Kirimkan Berkas, Dana Beasiswa Mahasiswa Afirmasi Terlambat

    Pencairan biaya hidup untuk tahap pertama periode bulan September, Oktober dan November semester 2014 bagi mahasiswa program afirmasi pendidikan tinggi (ADIK) 2014 mengalami keterlambatan. Keterlambatan itu akibat masih ada 10 universitas yang belum mengirimkan berkas yang menjadi dasar pencairan. Berkas itu meliputi, SK Rektor yang menetapkan mahasiswa penerima beasiswa ADIK, Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan Nomor Rekening Mahasiswa.

    Menurut Asisten Kedeputian III UP4B Sjaichul Abad, dampak dari proses adiministrasi itulah yang mengakibatkan pencairan untuk biaya hidup dan SPP bagi mahasiswa afirmasi mengalami keterlambatan.  Atas keterlambatan itu, mahasiswa diharapkan bersabar sambil menunggu proses penyelesaian administrasi dari universitas lain.

    Dikatakan, terkait dana beasiswa pihak Ditjen Dikti (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) menyediakan bantuan dana sebesar Rp 3.500.000 bagi mahasiswa afirmasi angkatan 2014. Dana setlement itu ditransfer melalui rekening PTN, dengan rincian sebagai berikut :
    a.Rp 2.000.000,- sebagai dana biaya hidup bagi mahasiswa untuk bulan Juli dan Agustus
    b.Rp1.500.000,- sebagai dana penyesuaian karena masing-masing PTN memanfaatkan waktu di bulan Juli dan Agustus dengan memberikan matrikulasi  kepada mahasiswa.
    Sebagai informasi besaran biaya Living Cost (biaya hidup) dan Tuition Fee (SPP) untuk pembiayaan perkuliahan mahasiswa ADIK. Biaya yang dikeluarkan pemerintah melalui Ditjen Dikti untuk menanggung biaya hidup dan SPP. Besaran biaya  yang ditanggung oleh Ditjen Dikti sebesar Rp 8.400.000 per mahasiswa per semester, dengan rincian sebagai berikut :
    a.Rp 2.400.000  ditransfer ke rekening rektorat sebagai biaya SPP;
    b.Rp 6.000.000  ditransfer ke rekening masing-masing mahasiswa sebagai biaya hidup (setiap bulan sebesar Rp 1.000.000)
    Periode  pencairan biaya hidup tersebut, dengan rincian sebagai berikut :
    a.Semester I diawali pada bulan September sampai dengan  Februari (6 bulan).
    b.Semester II diawali bulan Maret sampai dengan Agustus (6 bulan).
    Pembiayaan untuk mahasiswa Strata 1 (S1) ditanggung hingga 8 semester kecuali mahasiswa pada jurusan tertentu terkait profesi seperti FK, FKG, FKM dan Fakultas Farmasi.
    Masalah keterlambatan hingga saat ini masih sering menjadi pertanyaan kalangan mahasiswa peserta program afirmasi. Pertanyaan itu, juga mengemuka  saat UP4B melakukan monitoring dan evaluasi pada akhir Agustus 2014 di 39 kampus. (Sudadi, Media Center UP4B)
    Read 211 times 
    info ,.NAUT 
    sumber 
    http://www.up4b.go.id/ 
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Akibat ada 10 Universitas Belum Kirimkan Berkas, Dana Beasiswa Mahasiswa Afirmasi Terlambat Rating: 5 Reviewed By: Awi_ PAPUA
    Scroll to Top