• Latest News

    Rabu, 15 Oktober 2014

    Memulai Usaha Toko Buku


    Perkembangan buku di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Ini terbukti banyaknya penerbit-penerbit baru yang bermuculan, begitu pula dengan penerbit indie yang juga semakin banyak. Dan tentu para penerbit ini membutuhkan toko buku untuk menyalurkan produknya. Membuka toko buku juga merupakan sebuah peluang usaha. Apalagi bila anda gemar membaca buku tentu ini sebagai usaha yang tepat.
    Dalam membuka buku kita juga harus melihat dimana kita akan membukanya di kota atau di desa? Karena kalau di kota apalagi kota besar tentu kita akan bersaing dengan toko buku besar yang telah lama menguasai perederaan buku. Oleh karena itu kita harus mempunyai kekhususan pada toko buku kita sehingga mampu bersaing dengan toko buku tersebut. Bagaimana kalau kita membuka toko buku di daerah atau desa? Apa saja yang perlu diperhatikan?
    Lokasi
    Pemilihan lokasi ini perlu diperhatikan. Akan lebih bagus kalau lokasi toko buku anda itu dipinggir jalan raya. Tetapi bila tidak bisa memiliki lokasi pinggir jalan, pastikan ada tanda atau sign menuju toko buku kita, sehingga orang bisa tahu dan menemukan toko buku kita. Harus ada sarana parkir yang memadai karena biasanya orang membeli buku perlu waktu untuk mencari dan melihat. Akan lebih bagus bila lokasi dekat dengan sekolahan atau kampus sehingga bisa dikunjungi para siswa.
    Pemilihan Buku
    Pemilihan buku menentukan keberlangsungan toko buku anda. Untuk pertama sebaiknya memperbanyak menjual buku-buku pelajaran sekolah. Kita juga harus melakukan survey di daerah tersebut, apa mata pencaharian penduduk setempat? Bila banyak petani mungkin kita bisa memperbanyak buku-buku tentang pertanian, perkebunan, perternakan, wirausaha dan bisa juga buku-buku tentang resep masakan. Bila banyak anak muda puteri kita bisa menjual buku-buku novel atau komik bila banyak anak-anak. Atau bila di daerah tersebut ada pondok atau sekolah islam, anda bisa menjual buku-buku agama atau kitab-kitab Isalam. Pemilihan buku-buku yang sedang tren atau populer juga harus disesuaikan dengan daerah masing-masing karena belum tentu itu diminati di daerah tersebut. Bila di dekat anda banyak perkantoran, anda bisa menjual buku-buku motivasi atau self help.
    Anda bisa juga kerjasama dengan sekolah-sekolah agar para siswanya membeli buku di toko anda dengan harga khusus dan sekolah mendapatkan komisi dari penjualan.
    Tata letak Ruangan
    Suasana toko buku juga mempengaruhi pengunjung. Bila anda membuat toko buku dengan model swalayan, pastikan buku diatur berdasarkan genre nya. Kalau itu buku pelajaran pastikan dibagi per kelas atau bidang studi. Jangan membuat rak buku yang terlalu tinggi sehingga orang sulit untuk mengambilnya. Jarak antar rak jangan terlalu sempit sehingga orang merasa nyaman untuk mencari buku. Pasang CCTV atau Kaca diatas untuk pengawasan bagi para pengutil. Atsmofer toko buku harus nyaman sehingga orang betah mencari buku. Diberi irama musik yang lembut dan tenang.
    Bila di daerah tersbut banyak anak muda, kita bisa juga membuat cafe sehingga mereka bisa membaca sambil membeli minuman atau makanan.
    Penerbit
    Carilah penerbit yang mau dengan sistem konsinyasi atau mereka titip bukunya ditempat anda bila laku terjual anda baru membayarnya. Kalau anda harus membeli putus pertimbangkan apakah buku itu akan laku atau tidak. Biasanya penerbit akan menitipkan bukunya ke toko buku dan maksimal 20  buku untuk tiap judul atau lebih sedikit untuk daerah pedesaan. Sistem penyimpanan buku juga harus diperhatikan, penerbit tidak akan mau menerima kembali buku yang sudah lecek, rusak, atau sobek dan anda harus membayarnya. Oleh karena itu Anda harus selalu mencek buku-buku yang plastiknya telah dibuka oleh pengunjung.
    Layanan tambah
    Layanan yang ramah itu adalah syarat yang mutlak bagi semua pemilik usaha. Layanan tambah apa saja yang bisa diberikan toko buku? Layanan tambah yang bisa diberikan salah satunya adalah memberikan penyampulan buku gratis. Pembeli tentu akan senang bila buku yang baru beli disampulkan plastik. Memberikan member untuk pembelanjaan jumlah tertentu yang setiap belanja bisa mendapatkan point atau diskon. Melayani order melalui telpon atau sms dan diantar, bisa juga membuat toko buku online. Mengadakan event-event yang menunjang atau berhubungan dengan toko buku. Misal ada musim diskon untuk waktu sepi, mengadakan lomba mewarnai untuk anak-anak dengan syarat membeli buku atau membayar pendaftaran. Mengadakan lomba resensi buku untuk anak-anak SMP dan SMA. Semakin banyak kegiatan yang diadakan ditoko buku anda maka akan semakin banyak pengunjung yang datang. Misal orang tua yang menunggui anaknya lomba mewarnai mereka bisa
    melihat-lihat buku di toko anda. Mengadakan event obral buku untuk buku-buku yang tidak laku atau sudah terlalu lama. Mengundang sekolahan TK untuk siswanya mengunjungi toko buku anda dan memperkenalkan gemar membaca sejak usia dini.
    Pelengkap Toko Buku
    Untuk menunjang toko buku anda, bisa juga ditambahkan dengan penjualan alat-alat tulis, perlengkapan sekolah, peralatan kantor, penjualan tas sekolah atau ransel. Untuk penjualan ATK (alat tulis kantor) anda bisa menawarkan ke perusahaan-perusahaan atau kantor-kantor di daerah anda. Anda bisa menjadi suplier kebutuhan kantor tersebut misalnya, kertas fotocopy, kertas hvs, bolpoint, stepleas dll.

    Sebagai pemilik toko buku anda harus tahu kalender akademik sekolah sehingga anda bisa menyiapkan buku atau perlengkapan sekolah bila memasuki tahun ajaran baru. Sebagai seorang pengusaha anda harus jeli melihat setiap peluang yang ada dan selalu mengadakan survey atau menganalisa keadaan sehingga anda selalu bisa mengikuti perubahan. Selamat berwirausaha.
    sumber : 
    http://poedjiatitan.blogspot.com/2013/11/memulai-usaha-toko-buku.html#.VD5fXkA41_Y 
    EV.N.E.UTI,S.Th.S.Pd
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Memulai Usaha Toko Buku Rating: 5 Reviewed By: Awi_ PAPUA
    Scroll to Top