DIPUJI, JOKOWI BERANI PIDATO TANPA TEKS DI DEPAN 1.500 CEO DUNIA




Pidato Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada CEO Summit di Tiongkok, Senin (10/11/2014), menuai pujian dari para netizen. Presentasi disampaikan Jokowi dalam bahasa Inggris di hadapan sekitar 1.500 pimpinan perusahaan internasional.
 
5 Gaya Keren Jokowi di Forum APEC yang Menuai Pujian

1. Presentasi Pakai Slide dan Bahasa Inggris
Presiden Joko Widodo tampil berbeda dengan pemimpin negara lainnya saat bicara di depan para CEO yang hadir di KTT APEC Beijing 2014. Dia memakai slide presentasi dan terus mengundang para investor untuk datang ke Indonesia.

Ini adalah kali pertama Joko Widodo tampil di forum internasional secara terbuka. Sebelumya, Jokowi sudah memaparkan program ekonominya di hadapan para pengusaha di Istana hingga di acara forum CEO Kompas di Jakarta beberapa waktu lalu.

"Dan bayangkan, kami punya 17 ribu pulau. 17 Ribu pulau!" ucap Jokowi antusias.


2. Pamer Negosiasi 'Makan Siang'
Presiden Joko Widodo terkenal dengan cara negosiasinya yang unik ketika menghadapi masalah dengan warga. Dia kerap mengajak mereka makan siang, lalu problem pun sirna. Para CEO APEC terkagum-kagum dibuatnya.

Dalam presentasinya selama 10 menit di gedung CNCC, Beijing, Tiongkok, Senin (10/11/2014), Jokowi menyampaikan soal peluang investasi di Indonesia. Presiden ketujuh itu menawarkan rencana proyek pelabuhan, listrik, rel kereta, hingga program tol laut.

3. Diplomasi Pakai Bahasa Indonesia
Presiden Joko Widodo bertemu dengan para pemimpin negara lain dalam forum KTT APEC di Beijing, Tiongkok. Presiden Jokowi menggunakan Bahasa Indonesia dalam kesempatan bertemu Presiden AS Barack Obama, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Tiongkok Xi Jinping, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dan Presiden Vietnam Truong Tan Sang.

Jokowi menggunakan Bahasa Indonesia untuk mengajak para pemimpin dunia bekerja sama dan mau berinvestasi di Indonesia. Pertemuan dengan Perdana Menteri Shinzo Abe,  Jokowi membahas soal investasi. Dengan presiden AS Barack Obama, Jokowi bicara soal isu keamanan dan radikalisme.

4. Jokowi Diserbu Para CEO di Beijing dan Diajak Selfie
Presiden Joko Widodo berbicara di hadapan ratusan CEO APEC. Selama lebih dari 10 menit, Jokowi 'menjual' Indonesia kepada para investor. Usai acara, 'Pak presiden' diserbu para CEO yang ingin salaman dan selfie.

Pemandangan ini terlihat di arena CEO Summit APEC, gedung CNCC, Beijing, Tiongkok, Senin (10/11/2014). Jokowi tampil dengan setelan jas didampingi para menteri dan staf.

Total ada lebih dari 300 CEO yang hadir. Mereka datang dari berbagai negara Asia pasifik.

Selesai presentasi, Jokowi langsung dikerubuti puluhan CEO. Ada yang mengajak salaman, berkenalan, hingga selfie. Jepret!

Setelah acara di forum tersebut, Jokowi kemudian akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah kelola negara.

5. Jokowi Diapit Presiden AS Obama dan Presiden China Xi Jinping
Dalam sesi foto para pemimpin ekonomi KTT APEC 2014, Presiden Joko Widodo berada di jajaran kepala negara yang berpengaruh di dunia. Jokowi ada di barisan depan, diapit Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Presiden China Xi Jinping.

Jokowi lantas mengungkap makna di balik posisi dalam sesi foto tersebut. Menurutnya, ada sinyal tarik menarik Indonesia di antara dua kubu, yakni kiri dan kanan.

"Ya kelihatan, kamu harus lihat tadi misalnya makan malam seperti ini kenapa kanan saya Presiden Xi Jinping, kemudian di sana ada Pak Obama, di kirinya ada pak Putin. Saya ada di mana? Itu simbol, itu harus dibaca. Kita jadi rebutan gitu loh," jawab Jokowi.

"Di tengah gitu, bebas aktif. Kamu jangan keluar dari rel konstitusi," sambungnya.
(slm/nrl)
 sumber :

Alexa McQueen dan  ilmi Uswatun Hasanah

Editor : Nataniel uti


Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Free Templates | Mas Template
Copyright © 2012. Solidaritas Anak Bangsa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger