ABSTRAK


Nataniel uti .10 314 652. 2014 . Penerapan Model Pembelajaran  Inkuiri  Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains Pada Siswa kelas V SD GMIM VI  Tomohon .pembimbing (I) Drs .Fermy J.Londo,S.Pd.M.Pd  pembimbing (II) Drs.Supit Pusung,M.Pd Prodi PGSD S1 FIP UNIMA

Kata –Kata Kunci : Model Inkuiri,Hasil Belajar,Pembelajaran Sains.

            Berdasarkan pengamatan yang di lakukan dalam pembelajaran sains di kelas V SD GMIM V Tomohon ,pada pembelajaran yang berlangsung siswa kurang dilibatkan .pembelajaran lebih bepusat pada guru sehingga menyalibatkan . siswa dalam pembelajaran sains yang berlangsung terlibat hanya bermain , bercerita, dan tidak terfokus pada apa yang di pelajari .hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan ini peneliti  melakukan penelitian dalam pembelajaran  sains dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa .pembelajaran melalui inkuiri merupakan suatu pendekatan yang memberikan suatu pengalaman langsung yang dialami anak adalah model pembelajaran inkuiri .Selanjutnya fokus model pembelajaran inkuiri ialah siswa lebih aktif dan lebih percaya diri, serta dapat pengembangan kemapuan intelektual,pengembangan emosional dan kemampuan untuk memecahkan masalah .Permasalahan yang diteliti adalah “Bagaimana  penerapan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar sains tentang  Gaya magnet  pada siswa kelas V SD GMIM VI Tomohon?”. 
            Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengambil rancangan penelitian tindakan kelas  (PTK) yang mengacu pada model penelitian tindakan kelas yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart adaptasi dari Hopkins yang terdiri dari empat tahapan yaitu : 1) Perencanaan .2) Pelaksanaan Tindakan . 3) Observasi .4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus .Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini,menggunakan teknik pengamatan selama proses pembelajaran melalui lembar observasi penilaian model pembelajaran inkuiri dan lembar observasi penilaian hasil belajar serta tes . Untuk menganalisis  data observasi yang sudah ada dilakukan dengan menghitung  presentase rata-rata pada instrument penilaian model pembelajaran inkuiri dan instrumen penilaian  hasil belajar sains yang meliputi ranah kognitif,afektif dan psikomotor kemudian diolah melalui skala interval yang dikemukakan oleh sudjana dan tes diolah dengan mengacu pada formula menurut Gronlund dan linn .
            Hasil belajar yang dicapai pada siklus I adalah 55.55% dan siklus II hasilnya mencapai 80,02%. Dalam hal ini terjadi peningkatan hasil belajar pada pembelajaran sains di kelas V SD GMIM  VI Tomohon dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri. Sehingga hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sains dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri tentang konsep  gaya magnet  dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
ditulis oleh Nataniel Uti
publik oleh : Naut 

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Free Templates | Mas Template
Copyright © 2012. Solidaritas Anak Bangsa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger